Indonesia Android Kejar Batch 3 Surabaya 2017

July 29, 2017
Indonesia Android Kejar Batch 3 Surabaya 2017 - Indonesia Android Kejar atau biasa disingkat IAK adalah suatu program yang diiniasi oleh Google Developers untuk mengasah kemampuan developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile. Saya sendiri baru mengetahui adanya event ini setelah saya berkuliah di Surabaya. Berawal dari niat iseng saya mencoba mendaftar ketika waktu itu saya mendapat informasi dari salah seorang teman, padahal sebelumya saya belum pernah belajar pemrograman android.

Oh iya pada waktu saya mendaftar, event IAK yang saya ikuti sudah masuk Batch 3 yang artinya event tersebut sudah ketiga kalinya diadakan oleh Google Developers. Perlu temen-temen ketahui bahwa IAK batch 3 ini hadir di 10 kota besar di Indonesia loh salah satunya adalah Surabaya. Dalam event ini kita terbagi dalam beberapa kelas, ada kelas Beginner bagi para pemula yang baru memiliki niatan untuk belajar membuat sebuah aplikasi android, ada kelas intermediet bagi para developer yang pengen menambah skill programmingnya dibidang android dan ada pula kelas advanced yang merupakan kelas bagi para mastah-mastah yang uda jago banget ngodingnya. Pasti temen-temen sudah pada tau kan kelas mana yang saya ikuti? Yaps betul sekali saya mengikuti kelas beginner. 
Foto bersama
Saya yang pakai kemeja biru gan, hihi
Metode pelatihan dalam event Indonesia Android Kejar adalah para peserta terbagi dalam sebuah kelompok belajar yang akan diajak diskusi dan dibimbing oleh seorang fasilitator. Namun, sebelum pelatihan dalam kelas dilaksanakan, setiap peserta dihimbau untuk menyelesaikan kursus online yang ada di udacity sehingga paling tidak sebelum kelas dimulai, kami para peserta sudah memiliki sedikit pemahaman tentang pemrograman android. Untuk kelas beginner sendiri diadakan dalam 2 x 8jam.


Pada pelatihan hari pertama dimulai pada pukul 08.00, kami sebagai peserta mulai dikenalkan tentang pemrograman android oleh Fasilitator. Kemudian kami diajak sedikit berdiskusi tentang perkembangan Android saat ini. Setelah itu kami bersama-sama belajar bagaimana cara membuat tampilan aplikasi android yang baik dan menarik. Kelas yang kami ikuti begitu seru. Terkadang ada peserta yang terlihat kebinguangan karena mungkin ia bernasib sama seperti saya yang baru mulai belajar pemrogaman android. Ada juga peserta yang mencoba mengusili peserta lain yang berujung pada tertawa bersama. Keseruan yang kami alami membuat kami lupa bahwa sudah memasuki waktu istirahat. Maka dengan senang hati kami rehat sejenak untuk sholat dan makan bersama. Oh iya pada event ini kita dapat konsumsi loh, tuh banyak banget kan manfaatnya selain nambah ilmu, nambah teman, juga bisa bikin hemat karena mengurangi jatah pengeluaran buat makan siang, hehe. 

Proses belajar dan diskusi pun dilanjutkan sampai tiba saatnya untuk mengakhiri sesi di hari pertama. Para peserta termasuk saya pun berkemas untuk pulang kerumah masing-masing dengan perasaan yang puas karena terlalu asik belajar dan mendapatkan pengalaman baru. 

Di hari kedua pelatihan saya sudah mulai faham nih dengan pemrograman android. Begitu pula dengan peserta yang lain jadi pelatihan dihari itu berlangsung sedikit lebih cepat dibandingkan dengan  hari pertama. Sebelum sesi pelatihan berakhir, fasilitator memberikan informasi bahwa setiap peserta akan dinyatakan lulus dalam pelatihan Indonesia Android Kejar ketika telah menyelesaikan kursus online di Udacity, hadir dalam pelatihan di kelas dan menyelesaikan project yang merupakan implementasi dari ilmu yang telah didapat selama pelatihan. Pengerjaan projectnya pun dibatasi oleh waktu yaitu 5 hari setelah pelatihan berakhir project harus selesai dikerjakan dan dikumpulkan ke fasilitator. Bagi kami para peserta, ini adalah tantangan sekaligus langkah awal bagi kami untuk mulai mewujudkan keinginan kami untuk memiliki aplikasi android buatan kami sendiri.

Setelah saya merenung dan berfikir akhirnya saya menemukan ide yang cocok untuk saya jadikan sebagai proyek aplikasi android. Saya pun mulai berusaha mengerjakanya sedikit demi sedikit. Setelah melalui proses dan perjuangan yang sedikit membutuhkan perhatian lebih, akhirnya ide saya sudah berwujud aplikasi yang kemudian saya beri nama Ayo Menghafal.

Berikut ini adalah screenshoot dari aplikasi yang saya buat :
a. Tampilan ketika Aplikasi dibuka
Gambar tampilan Aplikasi Ini merupakan tampilan SplashScreen saat pertama kali aplikasi dibuka.









b. Tampilan Menu
Tampilan Menu Aplikasi Terdapat 3 button yang mana masing-masing ketika di klik akan mengarah ke fitur dari aplikasi.








c. Tampilan dari tombolTentang Aplikasi
Info Aplikasi Menampilkan informasi tentang aplikasi itu sendiri.









d. Tampilan dari tombol Pancasila
Fitur Pancasila Menampilkan gambar Garuda pancasila serta sila-sila dalam pancasila yang mana ketika sebuah sila di klik akan terdengar bunyi dari sila tersebut.








e. Tambilan tombol Rukun Islam
Fitur Rukun Islam Menampilkan gambar-gambar lucu ilustrasi dari rukun-rukun Islam dan sama dengan menu pancasila ketika gambar pada salah satu rukun Islam di klik akan terdengar bunyi dari rukun Islam tersebut.







Ide aplikasi tersebut berasal dari keinginan saya untuk membantu anak-anak Indonesia usia dini untuk belajar menghafal pancasila agar menumbuhkan semangat nasionalitas dalam dirinya serta belajar menghafal Rukun Islam agar muncul sifat religius dalam diri anak tersebut. Itu sekilas tentang aplikasi yang saya buat dalam rangka menyelesaikan tugas dalam rangka mengikuti Event Indonesia Android Kejar. 

Sebentar lagi akan diadakan Indonesia Android Kejar Batch 4. Bagi temen-temen yang ingin memulai belajar pemrograman android saya sangat menyarankan untuk ikut dalam program ini. Temen-temen bisa langsung daftar di Link daftar Indonesia Android Kejar .Selain temen-temen bakalan dapet ilmu yang bermanfaat, temen-temen juga bakal bertemu dengan orang-orang hebat yang selalu haus akan ilmu pengetahuan dan memiliki semangat yang tinggi untuk belajar sehingga temen-temen akan merasa termotivasi untuk terus upgrade pengetahuan dan skill. Salam belajar, Ayo terus Belajar, Semangattt . . .

Artikel Terkait

1 comments:

Write comments
falahbayhaqi
AUTHOR
29 July 2017 at 15:43 delete

Oh gutu kayaknya menarik ya acaranya

Reply
avatar