Ingin Belajar Membuat Website, Mulai dari mana???

July 27, 2017
Ingin Belajar Membuat Website, Mulai dari mana - Memiliki website sendiri merupakan keinginan sebagian besar orang saat ini baik untuk keperluan bisnis seperti E-commerce atau Web Profil misalnya. Permasalahan yang sering kali muncul dalam benak para pemula adalah kebingungan harus mulai dari mana sih belajar membuat website itu ? Hal ini juga pernah saya alami dan mungkin sebagian besar para web developer yang sekarang sudah mahir (red:mastah) kemungkinan pada saat mereka memulai belajar untuk pertama kali dulu juga merasakan hal yang sama. So, bagi temen-temen yang sekarang mengalami hal tersebut maka temen-temen ngak perlu risau. Kali ini saya akan berbagi pengalaman harus mulai dari mana ketika kita ingin memulai balajar membuat website.
Website Toko Online
Contoh Website Toko Online
Langkah pertama adalah temen-temen harus menyiapkan kebutuhan yang dapat menunjang proses belajar temen-temen. Setelah hal-hal yang perlu disiapkan sudah siap maka langkah selanjutnya temen-temen bisa mulai belajar tag-tag HTML yang mana tag-tag HTML inilah yang nantinya akan menjadi penyusun komponen-komponen dari website yang bakalan temen-temen buat.

Nah bagi temen-temen yang belum tau apasih HTML itu? HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yang mana HTML ini adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML (source: Wikipedia). Untuk referensi belajar temen-temen juga bisa belajar di Tutorial Web HTML yang mulai saya tulis.

Setelah mengenal tag-tag pada HTML temen-temen bisa mulai meneruskan dengan mengenal Cascading Style Sheet atau biasa disingkat CSS. nah bingung kan apalagi nih CSS? CSS merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen html dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam(source: Wikipedia). Bagi yang masih bingung atau belum memiliki gambaran di fikiranya saya jelaskan sedikit. Jadi begini temen-temen, ibarat seseorang ingin menggambar sebuah lukisan HTML itu adalah skesta yang dibuat dengan menggunakan pensil yang mana pensil ini adalah tag-tag HTML yang bermacam-macam adanya. Kemudian sketsa yang telah dibuat dapat diperindah dengan menggunakan CSS yang berfungsi seperti pensil warna, cat air dan sebagainya dalam istilah seorang pelukis dalam melukis sebuah lukisan. Jadi kesimpulanya CSS inilah yang membuat tampilan web temen-temen nantinya menjadi lebih bagus dan menarik. Masih belum kepikiran juga, Yuk langsung aja ke Tutorial Web CSS.

Kalo sudah mengenal HTML dan CSS lanjut kemana lagi nih? jika temen-temen sudah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lumayan terkait HTML dan CSS langsung aja lanjut ke Tutorial Web JavaScript yang mana JavaScript akan membuat website temen-temen lebih interaktif dengan user seperti adanya animasi, adanya permintaan action dari user untuk menampilkan suatu tampilan tertentu sehingga website temen-temen akan semakin menarik nantinya.

Saya kira mengenal ketiga bagian penting dari web development tersebut sudah bisa menjadi bekal yang bagus bagi temen-temen yang baru akan belajar membuat website. Setelah menguasai ketiganya temen-temen dapat lanjut ke teknologi web development yang temen-temen suka. Sekian penjelasan dari saya terkait langkah awal bagi temen-temen untuk belajar membuat website. Semoga bermanfaat . . .

Artikel Terkait

11 comments

Write comments
Fathul Ansori
AUTHOR
27 July 2017 at 21:04 delete

bantu banget min buat ane yang masih newbie, tolong share cara buat tamplate juga min

Reply
avatar
27 July 2017 at 21:05 delete

Diusahakan gan, ditunggu aja

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
27 July 2017 at 22:31 delete

Makasih infonya gan..

Reply
avatar
27 July 2017 at 23:24 delete

mantaf mastah....
ditunggu kunjungn bliknya mastah..
saya newbie

Reply
avatar
wanawisata
AUTHOR
28 July 2017 at 00:00 delete

untuk awal harus paham html dan design

Reply
avatar
Abi Hilya
AUTHOR
28 July 2017 at 00:25 delete

Syukron infox.. Sangat membantu bagi pemula sepert saya gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
28 July 2017 at 20:37 delete

yang terpenting mulai dari HTML, karena itu adalah yang paling dasar dan tidak terlalu sulit

Reply
avatar
Ma'ruf
AUTHOR
28 July 2017 at 22:22 delete

Sungkem Mastah....

Reply
avatar